Film Pengetahuan

Film pengetahuan Arkeologi Gua Kidang ( Blora Jawa Tengah )

Produk peraga pendidikan lainnya adalah film pengetahuan arkeologi dengan tema “ Hunian Awal Holosen: Pilihan nenek Moyang di Kawasan Karst Blora”. Gua Kidang merupakan situs gua di kawasan karst Blora, Jawa Tengah yang ditemukan pada tahun 2005. Berada dalam satu dolina (lobang besar yang terjadi karena depresi tertutup hasil pelarutan) karst Todanan. Dolina , hingga saat ini merupakan satu-satunya jejak hunian awal Holosen yang berlangsung di kawasan karst Blora. Film pengetahuan arkeologi Gua Kidang dengan durasi kurang lebih 1 jam 10 menit ini memberikan informasi mengenai proses penelitian yang dilakukan di Gua Kidang serta temuan data arkeologi terkini di Gua Kidang.

Film ini berisi informasi mengenai sejarah terbentuknya Gua Kidang dan pemanfaatannya sehingga menjadi salah satu situs arkeologi prasejarah dengan temuan yang fenomenal dilihat dari berbagai berbagai disiplin ilmu, film ini dibuat oleh Balai Arkeologi D.I Yogyakarta dan digandakan untuk kegiatan rumah peradaban pada tahun 2017 sebagai salah satu media publikasi hasil hasil penelitian arkeologi kepada masyarakat umum.

Untuk dapat mengakses mengakses film pengetahuan arkeologi ini diperlukan DVD Player atau PC Desktop  dan Laptop yang dilengkapi DVD ROM.

 

Tags :