Media Interaktif

Media Interaktif Rumah Peradaban

Rumah Peradaban merupakan ikon dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional – Badan Penelitian & Pengembangan Kementerian Pendidikan & Kebudayaan yang diresmikan pada tanggal 3 November 2015 di Semarang. Rumah Peradaban dengan semboyan “Mengungkap, memaknai, dan Mencintai” ini merupakan upaya memaknai hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan Pusat Penelitian Arkeologi Nasional beserta Balai Arkeologi seluruh Indonesia tidak hanya untuk kepentingan akademis melainkan juga untuk kepentingan masyarakat umum dalam rangka membentuk karakter melalui situs-situs arkeologi yang diteliti. Rumah Peradaban Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta hadir di Situs Liyangan (Kab. Temanggung-Jawa Tengah), Situs Patiayam (Kab. Kudus- Jawa Tengah), dan Situs Kotalama Semarang (Kota Semarang-Jawa Tengah) dengan program pembuatan DVD Multimedia Interaktif.

Dalam era teknologi informasi seperti sekarang, publikasi hasil penelitian arkeologi pada masyarakat mempunyai media yang tepat yaitu melalui multimedia interaktif. Pada era teknologi informasi ini masyarakat sudah sangat mudah mengakses informasi tanpa batas (Borderless) dan informasi sudah dalam genggaman (World in Hand). Hasil-hasil penelitian arkeologi yang dilakukan Balai Arkeologi Yogyakarta khususnya di Situs Liangan, Situs patiayam, dan Kota Lama Semarang sudah waktunya dipublikasikan kepada masyarakat dengan berbagai media, salah satunya multimedia interaktif bentuk teks (tulisan), grafis (gambar/foto), dan audio visual (film) yang disinergikan secara interaktif dalam wujud aplikasi game dan DVD Interaktif.

MULTIMEDIA INTERAKTIF LIANGAN

  • Multimedia interaktif Situs Liangan memberikan informasi mengenai Situs Liangan di Kabupaten Temanggung adalah situs peradaban Jawa masa lampau yang menyimpan informasi mengenai kampung Mataram kuno abad IX – X masehi yang hilang terkubur sedalam 6- 8 meter dan pada masa lampau merupakan area hunian, peribadatan, pertanian, perbengkelan dengan indikasi data arkeologi berupa sisa rumah kayu, bangunan candi, peralatan rumah tangga terbuat dari keramik, tembikar, logam dan batu.
  • Peraga pendidikan berupa multimedia interaktif Situs Liyangan dengan tema “MOZAIK PERADABAN MATARAM KUNO DI LERENG” diproduksi pada tahun 2016. Multimedia interaktif Situs Liangan memberikan informasi mengenai Situs Liangan di Kabupaten Temanggung adalah situs peradaban Jawa masa lampau yang menyimpan informasi mengenai kampung Mataram kuno abad IX – X masehi yang hilang terkubur sedalam 6- 8 meter dan pada masa lampau merupakan area hunian, peribadatan, pertanian, perbengkelan dengan indikasi data arkeologi berupa sisa rumah kayu, bangunan candi, peralatan rumah tangga terbuat dari keramik, tembikar, logam dan batu.  Secara interaktif pengguna dapat menjelajah dan memperoleh informasi lebih jauh mengenai situs liyangan dengan format berupa deskriptif narasi, foto, gambar, peta, serta video.
  • Untuk dapat mengakses informasi dari multimedia interaktif Situs Patiayam digunakan sarana berupa PC Desktop atau Laptop dengan spesifikasi minimalis yaitu OS Windows Vista, Processor Intel i3, RAM 2 gb, VGA : Intel Graphics Accelator, ROM DVD.

MULTIMEDIA INTERAKTIF PATIAYAM

  • Pembuatan multimedia interaktif Situs Patiayam memberikan informasi mengenai Situs Patiayam berada di kawasan pantai utara Jawa Tengah di perbatasan antara Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati. Secara geografis Situs Patiayam merupakan gugusan perbukitan yang berada pada sisi tenggara Gunung Muria dengan ketinggian puncak tertingginya (Bukit Patiayam). Situs Patiayam merupakan situs terbuka dan terbentuk dari berbagai endapan formasi batuan. Kondisi geomorfologis yang terdiri dari bukit-bukit dan lembah merupakan bagian dari situs yang kaya akan peninggalan paleontologis Kala Plestosen berupa fosil fauna, fosil manusia purba, dan jejak peninggalan budaya paleolitikPeraga pendidikan berupa multimedia interaktif dengan tema “Situs Patiayam: Ikon Hominid Purba Di Jawa Bagian Utara” merupakan ilustrasi kumpulan hasil penelitian arkeologi di Situs Patiayam.
  • Peraga pendidikan yang dikemas dalam bentuk teks, foto, gambar, dan video ini berupa kepingan DVD yang memberikan informasi secara interaktif kepada penggunanya. Multimedia Interaktif Situs Patiayam ini merupakan edisi cetak yang kedua di Tahun 2017 serta salah satu produk trilogi multimedia interaktif yaitu Situs Liyangan dan Kotalama Semarang yang telah diproduksi Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta
  • Untuk dapat mengakses informasi dari multimedia interaktif Situs Patiayam digunakan sarana berupa PC Desktop atau Laptop dengan spesifikasi minimalis yaitu OS Windows Vista, Processor Intel i3, RAM 2 gb, VGA : Intel Graphics Accelator, ROM DVD.

MULTIMEDIA INTERAKTIF KOTALAMA SEMARANG,

  • Multimedia interaktif kota lama semarang memberikan informasi mengenai Kota lama Semarang yang pernah menjadi sebuah kawasan dan kota yang begitu hidup telah menjadi situs arkeologi yang menarik untuk diteliti, dilestarikan, dan dimanfaatkan. Hingga masa kini, meskipun sebagian besar di antara tinggalannya hanya terekam dalam berbagai catatan sejarah dan menyisakan sebagian bukti fisik. Kota lama merupakan bagian yang mewakili Semarang masa lalu, khususnya dari masa kolonial atau pendudukan Belanda. Kawasan Kota Lama Semarang hingga kini masih menunjukkan setting ruang yang kurang lebih sama dari sejak didirikannya hingga kini.
  • Peraga pendidikan berupa multimedia interaktif Kotalama Semarang dengan tema “KOTALAMA SEMARANG MENUJU KOTA PUSAKA DUNIA” diproduksi pada tahun 2016. Multimedia interaktif kotalama semarang memberikan informasi mengenai Kotalama Semarang yang pernah menjadi sebuah kawasan dan kota yang begitu hidup telah menjadi situs arkeologi yang menarik untuk  diteliti, dilestarikan, dan dimanfaatkan. Hingga masa kini, meskipun sebagian besar di antara tinggalannya hanya terekam dalam berbagai catatan sejarah dan menyisakan sebagian bukti fisik. Kota lama merupakan bagian yang mewakili Semarang masa lalu, khususnya dari masa kolonial atau pendudukan Belanda. Kawasan Kotalama Semarang hingga kini masih menunjukkan setting ruang yang kurang lebih sama dari sejak didirikannya hingga kini. Dilengkapi  deskripsi naratif serta grafis berupa foto, gambar, dan video sehingga secara interaktif pengguna dapat menjelajah isi multimedia interaktif ini.
  • Untuk dapat mengakses informasi dari multimedia interaktif Situs Patiayam digunakan sarana berupa PC Desktop atau Laptop dengan spesifikasi minimalis yaitu OS Windows Vista, Processor Intel i3, RAM 2 gb, VGA : Intel Graphics Accelator, ROM DVD.

Tags :