Kegiatan

Sosialisasi Program Rumah Peradaban di SMA N 6 Yogyakarta

Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta melakukan kegiatan Sosialisasi Rumah Peradaban di SMA N 6 Yogyakarta. Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh jajaran guru SMA N 6 Yogyakarta dan diikuti dengan antusias oleh para siswa. Acara ini dibuka oleh Kepala SMA N 6 Yogyakarta, Drs. Miftakodin, M.M dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta, Drs. Sugeng Riyanto, M.Hum, diikuti dengan tanya jawab serta dimeriahkan dengan kuis-kuis interaktif.

Materi yang disosialisasikan adalah apa itu arkeologi, tugas dan fungsi Balai Arkeologi, serta  Program Rumah Peradaban. Program Rumah Peradaban merupakan salah satu output dari kebijakan publik berbasis riset arkeologi selain pengetahuan akademis dan rekomendasi kebijakan.

Esensi dan semangat program Rumah Peradaban adalah mengungkap, memaknai , dan mencintai budaya bangsa Indonesia. Diharapkan penyampaian informasi-informasi mengenai penelitian arkeologi dapat lebih cepat dan tepat mencapai sasaran terutama dalam dunia pendidikan melalui Rumah Peradaban.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya program Rumah Peradaban diselenggarakan di lokasi Situs Arkeologi, maka mulai tahun ini Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta menjadikan Rumah Peradaban sebagai destinasi pendidikan yang akan dikemas dalam Ruang Peradaban. Nantinya Ruang Peradaban bisa diakses kapan pun dan disajikan melalui media pembelajaran yang menyenangkan sehingga lebih memudahkan penyebaran informasi mengenai penelitian arkeologi dari Balar D.I. Yogyakarta.

Tags :