Kegiatan

Rumah Peradaban Situs Liyangan 2018

Pada tanggal 9-11 Desember 2018 di Situs Liyangan diadakan kegiatan Rumah Peradaban, kegiatan ini diselengarakan oleh Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta secara rutin dari tahun ke tahun mulai tahun 2016 untuk tahun 2018ini Balar Jogja mengadakan Rumah Peradaban di Kotalama Semarang dan Situs Liyangan, alasan dipilihanya Situs ini adalah karena di Situs Liyangan kita tidak hanya belajar tentang sejarah peradaban Mataram Kuno, tetapi juga aspek kebencanaan yang mengubur Situs Liyangan, yaitu letusan dahsyat Gunung Sindoro pada abad XI.

Kegiatan Rumah Peradaban di Situs Liyangan 2018 meliputi :
1.Pojok Rumah Peradaban.
2.Produk-produk Rumah Peradaban Situs Liyangan.
3.Workshop.

Pojok Rumah Peradaban sendiri menempati salah satu “Rumah Mataram Kuno” di dalam nya berisi informasi mengenai Situs Liyangan berdasar hasil penelitian Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta sejak awal penelitian hingga saat ini, informasi tersaji secara rapi dan sistematis mengunakan media cetak berupa banner dan poster ber frame kayu yang di tempel di dinding rumah, serta di sediakan games interaktif berupa ular tangga edukasi arkeologi dan puzzle arkeologi menegai Situs Liyangan.

Sedangkan untuk produk-produk Rumah Peradaban Situs Liyangan meliputi alat peraga pendidikan (poster bertema canddi, CD multimedia interaktif tentang Situs Liyangan) dan buku pengayaan pendidikan dengan judul
“Situs Liyangan dan Sejarahnya”.

Balar Jogja juga menyediakan Photoboth¬† suasana eskavasi di Situs Liyangan sehingga pengunjung dapat melakukan pengambilan foto secara mandiri dan seolah-olah merasakan menjadi arkeolog yang sedang melakukan eskavasi, di dalam stand photoboth Liyangan juga di sediakan “artefak” yang nantinya pengunjung dapat merekonstruksi temuan supaya didapatkan bentuk yang semirip mungkin dengan aslinya.

Workshop Rumah Peradaban Situs Liyangan 2018 dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisatan Kabupaten Temanggung. Pembukaan workshop ini dihadiri pula oleh Kepala Balai Konservasi Borobudur, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Temanggung serta Kepala Desa Purbosari.

Peserta workshop merupakan siswa SMA/Sederajat dari sekitar Liyangan yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kab. Temangggung. Dalam acara workshop ini peserta mendapat godie bag berupa : kaos, topi, film Liyangan, buku Liyangan , poster tentang candi dan Kalender 2019 dengan tema Rumah Peradaban, serta alat tulis. Peserta workshop mendapat materi mengenai situs Liyangan dari para narasumber, yaitu Drs. Sugeng Riyanto, M.Hum selaku Kepala Balai Arkeologi DIY dan Drs. Didik S dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung. Acara workshop dilengkapi dengan tugas lapangan ke sekitar situs mengenai pengelolaa, pemanfaatan, serta pengamanan situs Liyangan

Galery Foto Rumah Peradaban Situs Liyangan 2018

Tags :