Buku Pengayaan

LIYANGAN Kini, Doeloe, Dan Esok A Photobook 2018

Cover Photobook Liyangan 2018

Photobook yang berjudul “Situs Liyangan : Kini, Doeloe, dan Esok” diterbitkan pertama kali pada tahun 2016 sebagai penunjang program Rumah Peradaban Situs Liyangan. Buku dengan 200-an gambar ini dibuat untuk memberi gambaran mengenai Situs Liyangan dari masa ke masa. Informasi disajikan dalam bentuk gambar yang informatif dengan ilustrasi serta foto memukau agar pembaca lebih mudah memahami Liyangan.

Buku Liyangan ini diibaratkan sebagai jendela “Rumah Peradaban” Situs Liyangan, yang mengantarkan semua para pembaca untuk mengerti, memahami, memaknai, lalu mencintai nilai-nilai luhur peninggalan bangsa kita berabad-abad silam. Setelah membca buku ini diharapkan semakin menambah informasi mengenai Situs Liyangan yang dari segi nilai nilai serta pernik peninggalan aktivitas sehari-hari dari peradaban Mataram Kuna ini tidak ada duanya di tempat lain.

Sambil menikmati foto demi foto secara berurutan maka pembaca akan dapat “berkunjung” ke Liyangan kuno dengan baik dan benar, serta memperoleh pelajaran berharga dari peradaban luhur itu. Teks yang ditulis untuk menunjang tampilan foto sengaja ditulis seminimal mungkin agar dominasi kekuatan foto tidak terdistorsi dan pembaca berkesempatan lebih luas berimajinasi melalui bahasa gambar.

Isi dari Photobook Liyangan ini adalah

Prolog : Dari Liyangan Cinta Itu Berawal

  1. Berangkat ke Liyangan
  2. Potret Dusun Liyangan
  3. Berselancar ke Liyangan Djaman Doeloe
  4. Masa Depan itu Tergantung Hari ini

Epilog: Menjaga dan Mengawal Masa Depan Liyangan

Buku ini dapat dibaca secara langsung di perpustakaan Balai Arkeologi D.I Yogyakarta pada jam kerja Senin – Jumat pukul 09.00 – 15.00 atau bisa langsung download di repository Kemdikbud di link berikut :
http://repositori.kemdikbud.go.id/9794/

Tags :