Poster

Sejarah Lingkungan Pulau Jawa Bagian Utara

Pleistosen adalah suatu pembabakan kala dalam geologi yang berlangsung pada sekitar 2 juta – 10 ribu tahun yang lalu. Di masa inilah terjadi peristiwa glasial-interglasial yang mempengaruhi iklim dunia.

Masa pleistosen juga sangat berhubungan dengan migrasi hewan-hewan purba, karena ketika peristiwa glasial terjadi, permukaan laut menjadi berkurang dan timbullah jembatan darat yang menghubungkan benua dengan pulau-pulau disekitarnya.

Situs Patiayam mengandung endapan-endapan masa Pleistosen yang berkaitan dengan endapan Gunung Muria Purba yang pada jaman dulu terpisah dari Pulau Jawa. Dari formasi-formasi geologi di Patiayam ditemukan berbagai macam bukti kehidupan pada masa Pleistosen. Dari situs kita bisa mengetahui mengenai lingkungan masa Pleistosen di bagian utara Jawa, kedatangan manusia purba dan bagaimana mereka bertahan hidup di masa itu.

Dengan berakhirnya kala Pleistosen, kemudian berlanjut ke kala Holosen yang dimulai pada sekitar 11.700 tahun yang lalu dan berlangsung hingga sekarang. Pada masa ini terjadi beberapa perkembangan penting dalam sejarah manusia.

Arkeologi

Era Homo erectus pada kala Pleistosen pun digantikan oleh munculnya Homo sapiens yang lebih modern, pola kehidupan manusia pun berkembang, manusia mulai mengenal pola hunian di dalam gua dan perlahan-lahan mulai meninggalkan pola hunian terbuka.

Jika Patiayam adalah contoh dari Situs Pleistosen, maka Gua Kidang di Kabupten Blora adalah Situs Holosen. Gua Kidang ini menjadi istimewa karena begitu banyaknya gua di wilayah Blora hanya Gua Kidang ini yang memiliki kriteria layak huni bagi manusia. Tak heran jika sejarah penghunnian Gua Kidang begitu panjang dan kompleks, ditandai dengan ditemukan berbagai macam alat tulang dan kerang serta tiga individu manusia di dalamnya.

Tags :