Instansi : Balai Arkelogi Daerah Istimewa Yogyakarta

Alamat : Jalan Gedongkuning 174 Yogyakarta 55717

  • Telp ( Fax ) : 0274-377913
  • web :¬†arkeologijawa.kemdikbud.go.id
  • Email : balar.yogyakarta@kemdikbud.go.id
  • Facebook : Balar Jogja
  • Instagram : balarjogja
  • Youtube : Balar Jogja

Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan UPT di bawah Pusat penelitian ArkeologiNasional, Badan penelitian dan Pengembangan , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Balar DIY berkedudukan di Jalan Gedongkuning 174 Yogyakarta. Tugas dari Balai Arkeologi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah melaksanakan penelitian arkeologi  di wilayah kerjanya, yang meliputi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kebijakan publik berbasis riset arkeologi melitputi output:

  1. Pengetahuan akademis
  2. Rekomendasi kebijakan
  3. Rumah Peradaban

Salah satu program andalan Balar DIY adalah Rumah Peradaban, yaitu sebuh program terobosan yang diprakarsai oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional besera Balai Arkeologi se Indonesia. Rumah Peradaban bertujuan untuk memasyarakatkan hasil penelitian arkeologi secara lebih cepat dan tepat. Bentuknya diarahkan pada berbagai media informasi agar masyarakat dapat memahami peradaban leluhurnya dengan baik sehinngga dapat mendorong peningkatan pembangunan karakter sebagai bangsa yang berbudaya adi luhung

Esensi dan semangat program Rumah Peradaban diantaranya adalah mengungkap, memaknai, dan mencintai budaya bangsa Indonesia. Selanjutnya, melalui Rumah peradaban informasi tersebut diharapkan dapat lebih cepat dan tepat mencapai sasaran terutama dunia pendidikan. Oleh karena itu, bentuk kegiatan dasar yang dikembangkan meliputi tiga hal :

  1. Destinasi pendidikan
  2. Peraga pendidikan
  3. Buku pengayaan pendidikan

Sejauh ini Balai Arkeologi D.I. Yogyakarta telah menyelenggarakan program Rumah Peradaban di tiga lokasi, diantaranya adalah Situs Kotalama Semarang, Liangan dan Patiayam.

Mulai tahun 2018 ini, Balai Arkeologi DIY menjadi Rumah Peradaban sebagai destinasi pendidikan. Harapannya, informasi seputar penelitian tidak hanya dapat diakses ketika di situs saja, tetapi dapat diakses di Balar DIY melalui media pembelajaran yang menyenangkan .